Pada kesempatan ini, saya ingin mempelajari bagaimana membuat aplikasi android yang mudah dengan aplikasi berbasis cloud yang dikenal dengan nama App Inventor. Mengapa ini saya jadikan pilihan belajar, karena katanya App Inventor ini mudah digunakan. Selain kita tidak harus menginstal Android Studio yang persyaratan minimum spesifikasi komputernya lumayan tinggi, kita juga tidak harus mahir dalam hal bahasa pemrograman Java.

Lalu, rencana apa yang akan saya lakukan?

Pada bagian awal, saya akan membuat beberapa link resource yang bisa kita gunakan baik dalam rangka belajar maupun praktik pembuatannya.

Selanjutnya, saya menyusun rangkaian materi pembelajaran sebagai berikut:

  • Memulai App Inventor
  • Aplikasi sederhana
  • Testing aplikasi
  • Penggunaan widget-widget UI
    • Tampilan grid
    • Page-page
    • Browser
  • Login dan logout (autentikasi)
  • Koneksi basis data
    • Sqlite
    • Basis data lainnya
  • Upload dan download file
  • Baca file teks, csv, dsb
    • Penggunaan Single Sign-on
    • Koneksi API
    • Notifikasi
    • Publish di playstore

    Demikian, semoga bermanfaat!

     

