Mengapa Windows perlu dirawat? Sama seperti sistem operasi lainnya, Windows OS ini semakin hari dan semakin sering dipakai ternyata semakin lemot juga. Terlebih kalau kita lihat faktanya bahwa OS yang satu ini paling kerap dijangkiti virus, malware, adware, dan ware-ware jelek yang sebangsa lainnya.

Nah, postingan kali ini akan membahas beberapa tips untuk merawat Windows. Siapapun bisa menggunakannya, karena kita di Windows itu tinggal klak-klik (click), naks-neks (next), dan oka-oke (OK button). Jadi, yang penting peralatannya apa. Masalah orangnya, asalkan bisa yang tiga itu (klak-klik dkk), insyaallah bisa melakukannya.

Adwcleaner

Alat yang satu ini sangat ampuh untuk menanggulangi adware yang biasanya menyusup ke browser di Windows. Link http://filehippo.com/download_adwcleaner/

Microsoft Defender

Upayakan komputer kita terhubung dengan internet. Update definisi virus terbaru, kemudian scan komputer. Kalau Defender ini tidak tampak di permukaan, kita bisa menggunakan perintah command-prompt berikut:

“C:\Windows\explorer.exe shell:::{D8559EB9-20C0-410E-BEDA-7ED416AECC2A}”

Windows Repair dari Tweaking.com

Alat yang satu ini berguna jika ada hal-hal yang terjadi di komputer kita tetapi kita tidak tahu kapan dan karena sebab apa hal itu terjadi. Sebagai misal, ketika tombol start tidak berjalan alias tidak menampakkan apa-apa, Windows Repair bisa menjadi solusinya. Bahkan versi yang free-nya pun bisa bermanfaat sangat banyak.

Link: http://www.tweaking.com/content/page/windows_repair_all_in_one.html

Demikian celoteh untuk siang ini, semoga bermanfaat. Nanti, bila ada perubahan pemikiran akan saya update daftar peralatan ini.

Advertisements