Saat ini saya mengunakan layanan redhat openshift supaya bisa hosting gratis. Namun, ketika saya mau utak-atik file-file saya di server openshift, ternyata saya tidak bisa. Melalui git clone yang selama ini bisa berjalan lancar, ternyata tidak bisa. Saya mencoba pakai ssh dengan aplikasi putty, masih juga tidak bisa. “Wah, kenapa ya menjadi tidak bisa begini?” keluh saya dalam hati. Apakah karena saat ini saya menggunakan Windows?

Baiklah, kalau begitu, saya mencoba menggunakan client tool yang memang disediakan oleh pihak openshift. Saya mencoba mengikuti petunjuknya di sini: https://developers.openshift.com/getting-started/windows.html#client-tools

Langkah pertama, install Rubyinstaller. Download di sini: http://rubyinstaller.org/downloads/. Alhamdulillah lancar jaya.

Langkah kedua, install Git. Alhamdulillah saya sudah menginstalnya.

Langkah ketiga, install RHC. Saya ikuti dengan mengetikkan perintah gem install rhc. Wah, tidak bisa. Saya ulang lagi. Tetap tidak bisa. Saya ulang lagi. Tetep tidak bisa.. Duh… Bagaimana kalau mencoba instal secara lokal saya.

Meluncurlah saya ke websitenya rubygems di rubygems.org. Nah di sana saya search ‘rhc’. Ada menu download untuk mendownloadnya. Saya pun download. Saya simpan filenya di C untuk memudahkan memanggil filenya.

Berikutnya saya install secara lokal:

error-rhc

Ternyata gagal. Saya lihat di websitenya, o ternyata dependency-nya lumayan banyak. Wah, harus download satu per satu ini dependency-nya. Abis download terus install satu per satu. Wah, jangan-jangan setiap dependency juga punya dependency… Wah, berabe deh..

dependency rhc.png

Cari cara lain ah…

Alhamdulillah dengan mengubah source install, saya sukses menginstal RHC.

gem install rch -source http://rubygems.org

Perhatikan, di atas saya mengubah source-nya. Secara default, source-nya adalah https://rubygems.org. Rupanya koneksi dengan https melalui terminal saya tidak membuahkan hasil.

sukses.png

Selanjutnya, saya tinggal menjalankan perintah setup melalui RHC

rhc setup

setup1setup2

Setelah setup selesai, tinggallah saya clone dan bekerja menggunakan git. Coba ah…

clone

Advertisements