Phonegap adalah salah satu software untuk membangun aplikasi mobile, dalam hal ini yang berbasis Android. Nah, pada kesempatan ini, saya mencoba menggunakan Phonegap untuk membuat aplikasi android. Yuk, mari disimak…

Pertama, kunjungi websitenya phonegap di phonegap.com dan langsung menuju di bagian get started. Setelah itu, download dan install Phonegap untuk desktop, instal phonegap di android (untuk preview aplikasi di device android), dan sudah. Itu doang.

Nah, untuk membuat aplikasi, gunakan phonegap desktop. Ini contoh punya saya:

diblora app.png

Selanjutnya, saya bisa melihat preview-nya di browser dengan mengetikkan alamat: localhost:3000.

2016-09-10_103225

Sementara di perangkat Android kita juga bisa melihat preview aplikasinya dengan mengetikkan alamat IP yang sesuai. Pada contoh aplikasi saya di atas, IP yang saya akses adalah 192.168.1.68 dengan port default 3000.

Langkah berikutnya, adalah menginstal phonegap CLI karena ini yang kita butuhkan untuk membuat paket distribusi aplikasi kita. Untuk menginstalnya, kita membutuhkan npm (node.js) dan git. Silakan instal keduanya terlebih dulu jika belum tersedia di PC Anda.

Bagaimana menginstal phonegap CLI? Ketikkan perintah berikut:

npm install -g phonegap

install-phonegap-cli

Jika untuk membuat paket distribusi masih kesulitan, kita bisa membuat distribusinya secara online (via layanan cloud), di https://build.phonegap.com/.

Setelah ini bagaimana? Ya, setelah ini tinggal secanggih apa Anda melakukan pemrograman dengan javascript. Selamat berusaha!

