Lumen yang saya maksud di sini adalah sebuah micro-framework PHP yang dibesut oleh pembuat framework Laravel yang terkenal itu: Taylor Otwell. Ya, boleh dikatakan sebagai versi mikro-nya dari Laravel. Dari websitenya saja sudah bisa diterka apa hubungannya antara Laravel dan si-Lumen ini. Cekidot di http://lumen.laravel.com.

Katanya, Lumen merupakan solusi terbaik untuk membangun website yang menyediakan layanan API. Selain performanya cepat, katanya juga framework mikro ini juga cepat dalam pembuatannya. Hmmm…. Nanti kita buktikan.

Untuk kecepatannya, mereka mengklaim lebih cepat ketimbang Silex dan Slim yang juga sama-sama masuk kategori micro framework.

Selection_016

Kelebihannya lagi, katanya, berbagai fitur-fitur unggulan dari framework Laravel dimiliki oleh si-Lumen ini. Tanpa konfigurasi macam-macam!

Lalu, bagaimana menginstal Lumen?

Cara pertama, gunakan composer. Baik di Windows maupun di Linux, insyaAllah caranya sama. Ini gambar konsolnya..

Selection_018

Kemudian dilanjutkan dengan perintah untuk membuat aplikasi dengan lumen. Perintah lumen saat ini sudah berada di ~/.composer/vendor/bin/lumen.

Selection_019

Cara kedua, gunakan composer juga. Tapi kali ini cukup dengan satu kali perintah.

composer create-project laravel/lumen --prefer-dist lumen1

Pada sintaks di atas, saya menggunakan folder lumen1 sebagai root dari aplikasi yang saya buat.

Dalam praktiknya, cara kedua ini memakan waktu yang relatif lebih lama. Dibutuhkan kesabaran ekstra bagi kita yang memiliki koneksi internet pas-pasan.

Selanjutnya, bagaimana?

Tidak ada yang perlu disetting. Barangkali hanya rename file .env.example menjadi .env. serta membuka comment out pada file bootstrap/app.php di bagian Dotenv::load(__DIR__.’/../’);

Nah, sekarang bagaimana cara menjalankannya? Kita bisa menggunakan php artisan dengan mengetikkan perintah berikut:


$ php artisan serve

Dengan perintah di atas, Anda tinggal membuka browser dan ketikkan di address bar-nya alamat berikut: http://localhost:8000.

Atau kalau Anda lebih suka php built-in web server bisa menggunakan perintah berikut:


$ sudo php -S localhost:80 -t public

Mengapa harus ditambahkan parameter -t public di atas? Ya, karena lumen sepertinya hanya bekerja jika dipanggil di root domain saja. Artinya, error akan terjadi jika kita panggil melalui salah satu folder dari root domain kita.

Sebagai contoh:

http://localhost

Lumen - Mozilla Firefox_020

Tetapi kalau http://localhost/public

Mozilla Firefox_021

Advertisements