Baru saja kemarin saya menginstal OS Linux Mint sebagai OS utama di laptop saya. Ternyata, browser bawaannya, Mozilla Firefox, tidak menyertakan Google sebagai salah satu mesin pencarinya. Dan, ternyata pula, untuk menambahkan Google sebagai mesin pencari tidak semudah ketika menambahkan website-website lain seperti Youtube.com.

Selidik punya selidik, sepertinya Mozilla Firefox yang di-bundle oleh LinuxMint tidaklah seramah Firefox yang diinstal sendiri. Oleh karena itu, untuk menambahkan mesin pencari semacam Google dan Bing justru sedikit dipersulit. Alasannya sederhana, karena tidak memenuhi ketiga kriteria yang diharapkan oleh LinuxMint: funding, privacy, dan non-commercial. Silakan lihat di sini: http://www.linuxmint.com/searchengines.php.

Lalu, kalau kita menggunakan Firefox yang sudah terinstal otomatis, bagaimana caranya? Mudah. Pada menu ‘Preferences’, pilih tab ‘Search’. Pada bagian bawah, ada link bertuliskan ‘Add more search engines…’ yang akan mengarahkan kita pada laman http://www.linuxmint.com/searchengines.php.

Nah, pada laman tersebut, di bagian bawahnya ada tulisan tentang ‘Other search engines’ yang mencantumkan search engine non commercial maupun commercial. Nah, untuk yang commercial, di sana ada di antaranya Google dan Bing. Silakan klik pada logo Google yang dengan begitu kita akan diarahkan ke laman http://www.linuxmint.com/searchengines/anse.php?sen=Google&c=y.

Selection_001

Setelah sampai di laman tersebut, perhatikan pada bagian inputbox search di kanan atas. Jika sudah ada tanda plus (+) kecil di gambar loop-nya, berarti kita akan bisa menambahkan Google sebagai search engine di Firefox.

Selection_002

Selamat mencoba!

Advertisements